Tips dan Trik Bersepeda dengan Optimal

          
bersepeda dengan optimal

  Bersepeda merupakan olahraga yang banyak digemari oleh banyak orang dari golongan muda sampai tua. Bersepeda biasanya dilakukan pada waktu pagi maupun sore hari. Kegiatan ini juga berguna untuk meningkatkan stamina dan juga melatih otot terutama bagian paha.

    Sekarang sudah banyak ditemukan berbagai macam sepeda baik yang harganya terjangkau sampai jutaan rupiah. Dengan harga yang bervariasi, sepeda memiliki banyak fitur untuk mendukung kenyamanan penggunanya bahkan dapat digunakan pada jalan yang berbahaya.

    Tetapi banyak orang yang menyia-nyiakan fitur yang ada pada sepeda tersebut sehingga saat bersepeda hasilnya kurang maksimal, seperti baru perjalanan yang pendek tetapi sudah kelelahan, tidak bisa menanjak sehingga pengendaranya harus turun dan mendorong sepeda tersebut. Kali ini saya mau berbagi tips agar dapat bersepeda lebih baik menurut pengalaman saya sendiri.

1. Ketahui Jenis Sepeda Yang Anda Gunakan

tips dan trik bersepeda

    Mungkin ini adalah hal sepele, tapi dampaknya sangat besar mungkin malah menjadi kesalahan besar. Setiap sepeda memiliki jenis-jenis tersendiri jadi jangan salah memilih. Ketika rute yang anda pilih adalah jalan raya dengan jalan yang datar dan beraspal pilihlah sepeda dengan jenis roadbike atau MTB yang berjenis cross country karena jenis ini sangat cocok digunakan ditempat seperti itu dan dapat menanjak lebih baik. Untuk jalan berkerikil maupun jalan yang sangat berbahaya seperti di lereng gunung bisa menggunakan sepeda berjenis downhill atau cross country tetapi untuk cross country disarankan untuk tidak melewati jalan yang terlalu ekstrim karena suspensinya hanya satu tetapi lebih baik dalam hal menanjak daripada yang berjenis downhill.

2. Atur Ketinggian Sadel

hidup sehat dengan bersepeda dengan optimal

    Untuk rute yang mendatar bisa mengatur ketinggian sadel dengan cara meletakkann ketiak pada sadel dan tangan diluruskan sampai menyentuh tengah-tengah bagian crank atau peda Sedangkan untuk downhill turunkan sadel hingga serendah-rendahnya agar menghindari benturan saat melakukan lompatan maupun saat berbelok. Menyesuaikan ketinggian sadel juga berguna untuk meningkatkan kenyamanan saat bersepeda.

3. Atur Suspensi

tips dan trick supaya optimal

    Untuk jenis MTB ketika melewati rute jalan yang mendatar anda bisa mematikan suspensi agar bisa berjalan lebih cepat dan dapat menanjak lebih mudah, sedangkan ketika melewati jalan yang terjal anda harus mengaktifkan suspensi anda supaya badan sedikit merasakan guncangan yang terjadi sehingga bersepeda lebih nyaman.

4. Atur Roda Gigi

roda gigi dalam sepeda

    Sepeda modern dilengkapi dengan banyak variasi roda gigi agar dapat melaju lebih optimal. Roda gigi pada sepeda fungsinya sama pada roda gigi pada sepeda motor Hal ini sangat berguna bagi  anda jika melewati medan menanjak maupun mendatar. Untuk mendatar atau turunan anda bisa gunakan gigi nomer besar tetapi itu jika posisi laju sepeda sudah lumayan cepat, sedangkan jika pada tanjakan gunakanlah roda gigi nomor kecil agar memudahkan dalam menanjak.

5. Usahakan Mengayuh dengan Stabil

pedalling dalam bersepeda     Biasanya pesepeda pemula jarang mengetahui hal ini. Mengayuh dengan stabil sangat diperlukan agar stamina tidak cepat terkuras. Untuk mengetahuinya sangatlah gampang, yaitu cobalah mengayuh dengan satu kaki, setelah itu cek laju sepedamu jika melaju dengan kecepatan stabil maka kaki tersebut sudah baik, setelah itu ganti dengan kaki yang satu lagi, jika semua kaki sudah bisa menjalankan sepeda dengan stabil maka kamu sudah menguasai teknik ini. Jika belum bisa maka latihlah kaki satu persatu

6. Jaga Stamina

atur stamina daam bersepeda optimal     Stamina adalah hal yang penting dapam bersepeda. Jadi biasakanlah bawa minum atau berhenti sejenak ketika sedang kelelahan. Jangan paksakan dirimu mengikuti temanmu ketika kamu sudah kelelahan karena terkadang dia sudah terbiasa bersepeda sedangkan kamu belum. Ingatlah semua yang berlebihan itu tidak baik.

Sekian artikel kali ini semoga bermanfaat dan tetap jaga kesehatan.Tetap patuhi aturan ketika bersepeda, jangan asal menorobos jalan saat bersepeda karena itu dapat menyebabkan bahaya bagi kita sendiri maupun pengendara yang lain. Semoga kita bertemu lagi di artikel yang lainnya.

LihatTutupKomentar