Perbedaan Penyebutan Nama Earphone, Headset, dan Earbud yang Benar

    Headset merupakan hal yang sangat umum diketahui oleh banyak orang, khususnya bagi pecinta musik. Pastinya semua orang sudah memilikinya dan sudah tau kegunaanya. Tapi apakah semua orang sudah tau perbedaan  jenis-jenis headset? Pastinya hanya sedikit yang memahaminya.

     Walaupun sepele, penyebutan nama yang salah bisa menyebabkan perselisihan bagi orang awam dengan pecinta headset maupun audio portable lainnya.

    Menurut pecinta audio portable headset itu dibagi menjadi beberapa jenis, ada yang menggunakan kabel (wired) maupun tanpa kabel (wireless). Dan dari kedua jenis tersebut memiliki klasifikasi lebih lanjut.

     Untuk yang menggunakan kabel (wired) dibagi menjadi 4 yaitu Earphone, IEM, Earbud, dan Headphone

1. Earphone

perbedaan penyebutan nama


    Untuk earphone itu adalah nama umum yang bisa berarti earbud maupun IEM jadi earphone adalah nama universal tetapi bukan untuk headphone karena earphone memiliki design yang ukuranya kecil dan pas ditelinga.

2. IEM (In Ear Monitor)

earphone gaming

    Iem atau in ear monitor memiliki ciri yaitu mempunyai housing yang dipasang sebuah eartips dari karet maupun silikon yang membuat sangat nyaman di telinga dan menghalang suara bising di luar jadi penggunanya dapat menikmati musik lebih baik karena tidak terganggu dari suara bising tersebut.

3.  Earbud

headset

    Jenis ini banyak ditemui di sekitar kita baik dari toko aksesoris hp maupun bawaan dari hp baru. Earbud memiliki ciri tidak mempunyai eartips yang dapat menghalang suara dari luar. Housing dari earbud juga berbeda yaitu memiliki lubang-lubang kecil sebagai keluarnya suara. Earbud sangat mudah dipakai dan memiliki suara khas jika dipakai di tempat sepi.

4. Headphone atau Headset

headphone gaming

    Headphone/headset memiliki ciri yang sangat berbeda yaitu penggunaanya yang melingkar diatas kepala dan menutupi semua daun telinga. Jenis ini sangat nyaman dipakai dan cocok sekali untuk orang yang suka mendengarkan musik yang lama karena tidak membuat telinga menjadi lelah dan isolasi suara juga sangat baik sehingga meredam suara bising dari luar.

    Untuk yang wireless dibagi menjadi 2 yaitu earphone/headphone wireless dan TWS (true wireless)

1. Earphone/Headphone Wireless

nama earbud yang benar

    Arti wireless disini adalah memliki kabel yang sedikit karena peran kabel sudah digantikan dengan bluetooth untuk transmisinya. Jenis ini mempunya baterai sehingga harus di isi daya terlebih dahulu untuk memakainya

2. TWS ( True Wireless)

earbud yang benar

    Jenis ini merupakan perbaikan dari jenis diatas karena TWS tidak memiliki kabel sedikitpun sehingga tidak mengganggu saat pemakaianya. TWS harus diisi daya didalam wadahnya sebelum digunakan karena TWS juga menggunakan bluetooth untuk transmisinya contohnya adalah airpod

    Itu adalah sedikit informasi mengenai perbedaan penyebutan nama headset, earphone, dan sejenisnya. Pasti sedikit dari kalian yang baru menyadarinya. Semoga artikel kali ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.

LihatTutupKomentar